cover
Contact Name
Kadek Wirahyuni
Contact Email
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Phone
+6282236067235
Journal Mail Official
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jalan Udayana No.11 Singaraja
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
ISSN : http://u     EISSN : http://u     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language and Art Education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesia Language and Art Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 4 (2021)" : 10 Documents clear
Analisis Nilai Keteladanan dalam Teks Biografi pada BSE Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2020/2021 Nurul Farhanah; Imam Safi'i
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.37154

Abstract

Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan nilai keteladanan yang terdapat dalam teks biografi pada buku sekolah elektronik (BSE) Bahasa Indonesia SMA kelas X tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digali dalam penelitian ini adalah nilai keteladanan yang terdapat dalam teks biografi pada buku BSE bahasa Indonesia kelas X SMA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh sejumlah data yaitu dalam teks biografi pada buku BSE bahasa Indonesia  kelas X SMA terdapat beberapa nilai keteladanan, yaitu berupa ketabahan, berpendirian teguh, bekerja keras, bertekad kuat, rendah hati, ulet, profesional dan disiplin waktu, tekun belajar, keberanian, cerdas, dan bersikap kritis. Hasil penelitian menunjukkan teks biografi yang dimuat dalam BSE Bahasa Indonesia kelas X SMA berkualitas baikKata Kunci: Nilai Keteladanan; Teks Biografi.
Struktur dan Kaidah Kebahasaan Cerita Rakyat dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2020/2021 Nur Alfiah Laila; Nini Ibrahim
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.37179

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita rakyat yang terdapat dalam buku sekolah elektronik (BSE) Bahasa Indonesia. Penelitian ini berpendekatan kualitatif dengan menerapkan metode analisis isi. Suber data dalam penelitian ini adalah cerita rakyat yang terdapat dalam BSE Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diperuntukkan bagi siswa SMA kelas X tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh data bahwa secara keseluruhan teks cerita rakyat yang terdapat dalam BSE Bahasa Indonesia mengandung struktur yang lengkap yang terdiri atas orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Dari segi ciri kebahasaan kebahasaan, teks cerita rakyat yang terdapat dalam BSE bahasa Indonesia sangat bervariasi, yaitu terdiri atas kata kerja waktu, kata kerja tindakan, kata sifat, dan kata sandang. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pilihan teks cerita rakyat yang terdapat dalam BSE bahasa Indonesia tergolong baik. Kata kunci: Cerita Rakyat; Struktur; dan Kaidah Kebahasaan
Penggunaan Abreviasi dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gusti Ayu Kade Intan Sari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.39138

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang pembentukan dan tipologi abreviasi yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku teks bahasa Indonesia kelas X, XI, XII SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi dengan menggunakan kartu data. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat lima jenis pembentukan abreviasi dan tiga bentuk asal abreviasi yang ada dalam buku teks bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, ditemukan tujuh jenis tipologi abreviasi yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terdapat. Penulis buku diharapkan memerhatikan penulisan bentuk abreviasi maupun tata bahasa yang terdapat dalam buku teks yang akan diterbitkan sehingga pembaca dapat memahami atau meniru bentuk abreviasi dan tata bahasa yang baik dan benar.Kata Kunci: Abreviasi; Buku Teks; Bahasa Indonesia.
Efektivitas Penggunaan Sistem Computer Based Test dan Paper Based Test dalam Pelaksanaan Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia di SMPN 6 Singaraja Selfy Udayana Kusuma Wardani
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.39676

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penggunaan sistem berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) dan sistem berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT),  kesiapan siswa dalam mengikuti UTS CBT dan PBT, keefektivan penggunaan CBT dan PBT dalam pelaksanaan UTS di SMPN 6 Singaraja. Subjek pada kajian studi ini ialah Panitia Pelaksana UTS, guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan CBT dan PBT dalam pelaksanaan UTS. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dalam metode observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi.  Tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggunaan sistem berbasis komputer dan kertas dalam pelaksanaan UTS Bahasa Indonesia di SMPN 6 Singaraja sudah berjalan dengan baik melalui tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Kesiapan siswa dalam mengikuti UTS sudah tercapai dengan baik (94,62%) siswa memberikan respons yang positif, siswa sudah memiliki kesiapan dalam mengikuti UTS CBT dan PBT di SMP Negeri 6 Singaraja. Kesiapan siswa dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu kondisi fisik, mental, emosional, dan pengetahuan. Penggunaan CBT dan PBT tergolong efektif karena sudah memenuhi beberapa aspek yaitu validitas, reabilitas, objektif, praktis dan ekonomis.Kata Kunci:  Computer Based Test; Paper Based Test; Efektivitas.
Wacana Humor dalam Spanduk Covid-19 (Kajian Pragmatik) Aria Bayu Setiaji; Enggal Mursalin
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.39701

Abstract

Topik yang dikaji dalam artikel ini tentang wacana humor dalam spanduk bertema Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kajian ini dilatarbelakangi maraknya penggunaan spanduk bernuansa humor sebagai media untuk mensosialisasikan, mengimbau, dan menginstrusikan seluruh masyarakat Indonsia terkait penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Kajian ini membahas dua permasalahan yaitu topik dan teknik penciptaan humor pada spanduk Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan pragmatik Grice. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif. Data kajian ini berupa wacana spanduk Covid-19 yang bernuansa humor. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, dan catat beranotasi. Anotasi digunakan pada wacana spanduk Covid-19 yang berupa foto, ukuran huruf, dan tata letak yang bukan berupa teks. Teknik simak dilakukan secara daring melalui beberapa situs website yang mengunggah foto atau dokumentasi spanduk Covid-19. Berdasarkan hasil analisis, terdapat empat topik yang menjadi imbauan terkait Covid-19 yang mengandung unsur humor yaitu imbauan memakai masker, jaga jarak, Stay at Home, dan jangan mudik. Teknik penciptaan humor dimunculkan melalui pelanggaran prinsip kerjasama yang meliputi maksim kuantitas,  maksim relevansi, maksim kualitas, dan maksim cara. Pelanggaran maksim cara berkenaan dengan submaksim ketakburan, ketakambiguan, dan submaksim kelangsunganKata Kunci: Wacana Humor; Prinsip Kerja Sama; Spanduk Covid-19
Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring Kadek Dewi Purnama Indragani; I Made Astika; Ade Asih Susiari Tantri
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.39865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi mengajar guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula, dan mendeskripsikan kendala guru bahasa Indonesia dalam mengadakan variasi saat pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula. Objek penelitian ini adalah variasi mengajar guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring dan kendala yang dialami oleh guru ketika mengadakan variasi mengajar dalam pembelajaran daring. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi yang dimunculkan guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula secara keseluruhan sudah ditampilkan secara bervariasi yaitu variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan bahan ajar, dan variasi pola interaksi. Kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam mengadakan variasi saat pembelajaran daring di kelas IX SMP Negeri 1 Tejakula antara lain: kesediaan jaringan internet yang tidak stabil beberapa siswa masih belum memiliki sarana penunjang pembelajaran yang memadai, serta siswa terlambat bergabung dalam kelas google meet.Kata Kunci: Variasi Mengajar; Pembelajaran Daring; Bahasa Indonesia.
Pengaruh Literasi Digital terhadap Pemahaman Bacaan Cerpen pada Kalangan Remaja Pengguna Media Sosial Aktif Nurindah Setyawati; Uah Maspuroh; Sinta Rosalina
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.40124

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman bacaan sudah menjadi masalah umum di Indonesia, rendahnya minat baca menjadi salah satu faktor utama penyebab dari masalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman. Perkembangan teknologi digital membuat perubahan kebiasaan membaca, kegiatan membaca dapat dilakukan dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh kegiatan literasi yang dilakukan secara digital dengan pemahaman bacaan cerpen terutama pada remaja yang aktif melakukan aktivitas di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantiatif deskriptif dengan bantuan software SPSS26. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara aktivitas literasi digital remaja usia 16-17 tahun dengan pemahaman bacaan, dapat diartikan bahwa jika aktivitas literasi digital ditingkatkan maka pemahaman bacaan akan meningkat begitupun sebaliknya jika aktivitas literasi digital rendah maka pemahaman bacaan akan ikut rendah. Peningkatan aktivitas literasi digital  dapat dilakukan dengan memperbanyak aktivitas menggunakan teknologi digital dengan tujuan positif yang secara tidak langsung berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bacaanKata Kunci: Literasi Digital; Pemahaman Bacaan; dan Remaja
Analisis Framing Pemberitaan Vonis Koruptor pada Media Online suara.com dan KOMPAS.com Hendra Setiawan; Neng Tika Harnia
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.41136

Abstract

Pemberitaan korupsi dana bansos pandemi covid-19 yang dikorupsi mengemuka. pada tahun 2021. Media informasi pun berlomba memberitakan kasus tersebut untuk dijadikan sebagai headline. Tujuan dalam penelitian ini guna mengetahui cara media melakukan sebuah pembingkaian terhadap informasi yang diberitakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik dokumentasi dan simak catat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan dalam membingkai pemberitaan pada suara.com dan KOMPAS.com mengenai pemberitaan kasus vonis koruptor. Perbedaan terlihat kontras pada pemilihan judul pemberitaan. Suara.com dalam menuliskan judul pemberitaannya sarkas. Sedangkan KOMPAS.com memilih menggunakan kata-kata yang lebih halus dalam menuliskan judul. Hal tersebut membuktikan bahwa setiap media memiliki ideologi yang berbeda dalam melakukan framing terhadap pemberitaannya.Kata Kunci: Framing; Media Online; Vonis Koruptor.
Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis I Gusti Ngurah Santika; I Nyoman Sudiana
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.42052

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran instrumental dan fungsional dalam membentuk mengembangkan pendidikan karakter di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitis melalui kajian teoretis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa insersi pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pembelajaran bahasa Indonesia dengan penguasaan ke empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menyimak dapat membentuk karakter siswa menjadi teliti, kiritis, peka, dan bernalar. Keterampilan berbicara dapat membentuk karakter siswa menjadi tenang, berani, percaya diri, santun, dan kejujuran. Keterampilan membaca dapat membentuk karakter siswa menjadi kreatif, bertanggungjawab, rasa ingin tahu dan gemar membaca. Keterampilan menulis dapat membentuk karakter siswa menjadi cermat, antusias, inisiatif, dan disiplin. Melalui keempat keterampilan tersebut, pendidikan karakter dapat diinsersi dalam pembelajaran Bahasa IndonesiaKata Kunci: Pendidikan Karakter; Pembelajaran; Bahasa Indonesia.
Telaah Isi dan Bahasa Buku Ajar MKWU Bahasa Indonesia Dirjen Belmawa Ristekdikti: Proyeksi Model Standar Materi Ajar MKWU Bahasa Indonesia Rahmad Hidayat; Mochammad Asyhar; Suyanu Suyanu; Yuniar Nuri Nazir; Murahim Murahim
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 11 No. 4 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v11i4.42054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan telaah isi dan bahasa buku ajar MKWU Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Dirjen Belmawa Ristekdikti. Penelaahan dimaksud merupakan bagian dari Metode Research and Development (R&D) Borg & Garl pada siklus pengujian produk. Penelaahan berbentuk evaluasi buku berdasarkan realitas penggunaannya di lapangan. Hasil penelaahan tersebut selanjutnya akan menjadi dasar proyeksi model standar materi ajar MKWU Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Penelaahan isi dan bahasa dilakukan dengan mengacu pada standar penilaian buku ajar Badan Standar Nasional Pendidikan dengan sedikit modifikasi. Pada tahapan pengumpulan data, digunakan Metode Cakap. Pada tahapan penganalisisan data, dilaksanakan pengujian realitas buku menggunakan instrumen Skala Likert untuk mengetahui tingkat kekuatan masing-masing unsur. Penilaian dilakukan oleh responden berkualifikasi ahli dan dosen pengguna buku. Akumulasi penskoran selanjutnya dikonversi ke dalam rumus perhitungan sehingga ditemukan persentase masing-masing standar kemudian diskalakan/dikategorikan dengan statistik deskriptif. Pada tahapan penyajian hasil penganalisisan data, digunakan metode formal dan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan isi berdasarkan penilaian ahli termasuk dalam kategori baik dengan skor 81,67 sedangkan berdasarkan penilaian dosen pengguna buku termasuk dalam kategori baik dengan skor 76,30. Kelayakan bahasa berdasarkan penilaian ahli termasuk dalam kategori baik dengan skor 83,81 sedangkan berdasarkan penilaian dosen pengguna termasuk dalam kategori baik dengan skor 69,21Kata Kunci: Bahasa, Buku Ajar; MKWU Bahasa Indonesia; Kelayakan; Isi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10